Selasa, 14 Januari 2020

TIPE WANITA DALAM AL-QUR'AN

Wahai Saudara-saudaraku se-Iman dan se-Aqidah.

Nasehat buat kita semua.
Tipe Wanita dalam Al-Qur'an

1) Wanita dengan Kepribadian Kuat
Tipe Wanita ini diwakili oleh Siti Aisyah Istri Fir'aun.
Walaupun ia berada dalam "Cengkraman" Fir'aun, namun ia tetap teguh dan kuat untuk menjaga Aqidah dan harga dirinya sebagai seorang Muslimah. Allah mengabadikan Doa'nya Dalam Al-Qur'an pada surah At-Tahrim ayat 11:
وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا امْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Dan Allah membuat isteri Fir'aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: "Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir'aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim.

2) Wanita yang berusaha Menjaga Kesuciannya
Tipe Wanita ini diwakili oleh Siti Maryam ibunya Nabi Isa Alaihis Salam. Dalam Al-Qur'an surah Maryam ayat 20 : 

قَالَتْ أَنَّىٰ يَكُونُ لِي غُلَامٌ وَلَمْ يَمْسَسْنِي بَشَرٌ وَلَمْ أَكُ بَغِيًّا  Maryam berkata: "Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusiapun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!"

Dalam ayat di atas, maryam membantah atas tuduhan dan fitnahan kaumnya dan Allah secara langsung dan spontan menjelaskan bahwa Maryam adalah wanita Suci.

3) Wanita Penghasut, Penebar Fitnah, Penggemar Gosip dan Sangat Buruk Hatinya.
Tipe Wanita ini diwakili oleh Ummu Jamil Binti Harb istrinya Abu Lahab. Allah telah melaknatnya akibat dari perbuatannya. 

Dikisahkan pada malam hari Ummu Jamil binti Harb sering meletakkan duri di jalan yang biasa dilewati Rasulullah Saw, juga di atas pintu rumah Rasulullah Saw. Ummu Jamil binti Harb merupakan perempuan yang panjang lidahnya, ia sering menyebarkan kebohongan dan fitnah atas Nabi Saw, ia juga sering mengadu domba, oleh karena itu Al-Qur’an menggambarkannya sebagai pembawa kayu bakar, yang dalam bahasa Arab adalah kiasan bagi penyebar fitnah.

Dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari, dikisahkan ketika turun QS Asy-Syuara Rasulullah Saw naik ke bukit Safa seraya berseru “Wahai Bani Fihr, Bani ‘Adi, berkumpullah”. Maka orang-orang Quraisy pun berkumpul, termasuk Abu Lahab. Nabi Saw berkata “Bagaimana pendapat kalian jika seandainya aku memberitahu kalian bahwa pasukan berkuda dari musuh akan datang menyerang kalian, apakah kalian percaya kepadaku?” Mereka menjawab “Pasti kami percaya” Nabi Saw bersabda “Aku peringatkan kalian bahwa siksa Allah yang dahsyat akan datang”. Lalu Abu Lahab berkata “Celakalah engkau! Apakah hanya untuk ini engkau kumpulkan kami?” Lalu turunlah QS Al-Lahab:

تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ (1) مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ (2) سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ (3) وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ (4) فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ (5)

Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa (1). Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan (2) Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (3). Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (4) Yang di lehernya ada tali dari sabut (5)


4) Wanita Penggoda
Tipe Wanita ini diwakili oleh Siti Zulaikha, permaisuri yang menggoda Nabi Yusuf Alaihis Salam. (Namun Zulaikha Taubat dan menjadi Istri yang Sholehah buat Nabi Yusuf Alaihis Salam)

Dari 4 Tipe wanita di atas, meskipun mereka jauh jaraknya dengan kita, namun tingkah laku dan coraknya masih turun temurun sampai sekarang. Sebab itu, wahai Saudariku Kaum Wanita jadilah wanita yang berakhlakul karimah, semestinya menjadi dan meniru Tipe wanita yang nomor 1 dan nomor 2, Wanita yang selalu menjaga aqidah dan harga dirinya serta Wanita yang selalu menjaga kesuciannya baik Suci lahiriah dan suci Batiniyah. 

Nabi Muhammad Saw bersabda :
إِنَّ مِنْ أَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّيْ مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَحَاسِنَكُمْ أَخْلَاقًا
Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dan yang paling dekat denganku tempatnya pada hari kiamat adalah yang terbaik akhlaknya diantara kalian” (HR At-Tirmidzi)

Semoga Kita termasuk salah satu hamba Allah yang selalu berusaha memperbaiki Akhlaqnya. Aamiin.

#URL_UstadzRahmadLubis

Tidak ada komentar:

Kewajiban Menutup Aurat Dan Batasannya

Kewajiban Menutup Aurat Dan Batasannya السلام عليكم ورحمة الله وبركاته بِسْمِ اللهِ الرَحْمَنِ الرَّحِيْمِ، الحَمْدُ لِ...